Hindari Virus dengan Total Commander


Total Commander

History
Dahulu, ia lebih dikenal dengan Wincmd atau Windows Commander, sebuah tool Windows yang sangat terkenal sebagai pengganti Norton Commander (NC) di DOS. Tetapi karena kalah saat dituntut oleh Microsoft mengenai penggunaan kata Windows, kini namanya menjadi Total Commander. Nama tersebut juga ternyata membawa keberuntungan karena belakangan ia juga dapat digunakan di sistem operasi lain selain Windows.

Antarmuka dan Fungsionalitas
Antarmuka utama Total Commander terdiri dari 2 kotak daftar file yang sangat memudahkan navigasi dan operasi file yang sering kita lakukan pada windows explorer seperti membuka , menyalin, mengubah nama, membandingkan serta menghapus file.

Total Commander bukan hanya sekedar alat bantu operasi file, namun juga dapat menggantikan fungsi desktop, quick launch, command prompt serta menu Start pada Windows karena headernya dapat memuat icon berisi link ke file, folder maupun program yang ditentukan. Total Commander juga dapat dikombinasikan dengan IrvanView untuk menambah kemampuan preview image dan file multimedia lainnya.

Fungsi FTP client yang telah ada secara internal sangat ampuh untuk segala macam kebutuhan FTP. Terdapat pula plugin untuk memungkinkan secureFTP serta pembacaan linux drives dari sistem operasi Windows.

Total Commander vs Windows Explorer
Windows Explorer dari tahun ke tahun merupakan carrier utama pada terjadinya infeksi virus pada harddisk, network, floppy disk maupun flash disk. Penularan virus tersebut terjadi kebanyakan tanpa disadari. Mengapa demikian? Secara internal, fungsi menampilkan direktori pada Windows Explorer sebenarnya bukan hanya sekedar membaca isi direktori, namun juga menuruti perintah-perintah yang ada di registry serta file-file yang berisi mengenai setting direktori.

Berbeda halnya dengan Windows Explorer, ketika kita menjalankan Total Commander, ia tak perlu patuh pada registry dan selalu mengaktifkan prosedur dan perintah level bawahnya sendiri tanpa perlu bantuan Windows Explorer. Contohnya ketika kita melakukan operasi move pada drive yang sama (copy+cut bila pada Windows Explorer) , yang dipindahkannya bukanlah file fisiknya tetapi hanya file pointernya (alias daftar isinya), sehingga operasi tersebut dapat dilakukan dengan lebih cepat dan aman.

Mengapa Total Commander Tahan Virus
Karena Total Commander menampilkan extension setiap file, kita sebagai pengguna tak akan mudah tertipu dengan icon-icon palsu yang seakan-akan berupa folder atau file dokumen padahal kenyataannya merupakan file executable berbahaya. Dengan mengaktifkan Configuration ->Options…->Display->FileDisplay->Show Hidden/System Files, maka kita juga akan terhindar dari file-file tersembunyi yang mungkin berbahaya bagi sistem operasi kita.

Fungsi lain yang sering digunakan:
– zip/unzip (kompresi/dekompresi file)
– membandingkan isi folder & file
– pencarian tingkat lanjut
– pengubahan nama dan atribut multi file sekaligus
– menampilkan quickview file multimedia
– menampilkan nama file dengan warna yang identik dengan extension-nya

Download Total Commander di http://www.ghisler.com/index.htm atau http://www.totalcmd.net

Lisensi: Shareware dengan fungsionalitas penuh, bagaikan freeware bersyarat.

Peringatan: Selama 10 tahun menggunakan Total Commander (dahulu Windows Commander), penulis telah menularkannya ke sekian banyak orang (dari kalangan programmer maupun pengguna komputer biasa), sehingga orang tersebut merasa tak pandai lagi menggunakan windows explorer saat menghadapi komputer yang tidak dilengkapi dengan Total Commander.

Arif Rahmat
http://codena.co.id

Tagged: , , , ,

9 thoughts on “Hindari Virus dengan Total Commander

  1. Ryha 22 November 2008 pukul 17:12 Reply

    Lebih powerfull lagi jika ditambahkan plugins yang ada diwebsitenya …
    Sampai sekarang saya masih menggunakannya untuk operasi file…
    Pada saat mengcopy/move/del Masih Lebih cepat Bila dibandingkan dengan Windows Explorer

    TOTAL COMMANDER MEMANG LEBIH TOTAL DALAM MELAKSANAKAN PERINTAH…

  2. mirza khadnezar 5 Desember 2008 pukul 17:38 Reply

    hehehehe
    saya pake ini dari jamannya win98 pak
    keren simple cepet
    maen jari

    tapi lom nemu crackan yg versi baru nya nih😦
    punya ga bos ?
    rata2 crackan yg beredar udah “kotor banget”
    tujuannya ngotorin pc :p

  3. Chohar 22 Maret 2009 pukul 22:57 Reply

    Kalo aqu baru tau ni,coba donlod ah. Makasih ya mas infoxa

  4. Chohar 22 Maret 2009 pukul 22:59 Reply

    Kalo aqu baru tau ni,coba donlod ah. Makasih ya mas infoxa. Semangat…!

  5. erwan 14 Oktober 2009 pukul 7:25 Reply

    saya belum familiar.ada pelatihan ga

  6. Sudirman masli 25 April 2013 pukul 22:59 Reply

    Alhamdulillah saya sangat bersyukur sekali pada yang diatas dan berterima kasih pada pembuat dan yang men upload Program Total Commander windows 8 dan pembuat autoruns.exe
    Kenapa? Laptop kami tidak bisa Boot begitu diinstall ulang lamanya bukan main dari sore sampai pagi baru selesai tapi apa yang terjadi setelah selesai tiba2 restar muncul peringatan Disk Error Boot Failure System No Connention
    Aku kaget sampai Pusing karena banyak data2 belum dibackup apalagi penting tinggal mau diprint out. Segala cara kami tempuh agar Boot tetap tidak bisa bahkan blank hitam. saya masukkan DVD win 8 tampa hardisk artinya hardiksnya saya copot ..muncul Press ani key CD boot … Ya lancar tapi krn hardisk sdh dicopot berarti tidak bisa berbuat apa2 saya pasng lagi hardisknya muncul peringatn cek tekan ctr+alt+del tri again coba lagi
    CD boot ke windows 8 berjalan tapi lamanya sampai 3 jam saya sabar menunggu sampai kapan pun ya blank lagi saya ttp sabar menunggu alhamdulillah muncul dijendela windows 8 repair pojok kiri bawah ya coba2 klik disana banyak pilihan saya pilih C:Msdos kebetulan aku punya flasdik sdh tersedia program autoruns.exe saya ketik dulu driver dimana flasdisk terpasang karena drive x:tampillannya saya ketik c: belum D: belum e:belum f: belum juga g: ya sudah ketemu krn dgn bantuan perintah
    G:dir
    Saya ketik autoruns.exe lalu ENTER terbuka saya cari total commander ketemu klik kanan open lalu saya install filenya saya simpan diplasdisk masuk lagi letak file desktopnya di FD tersimpan klik open ya saya ambil data2ku

  7. Sudirman masli 25 April 2013 pukul 23:08 Reply

    Trima ksh banyak mas Arif atas bantuannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: