Bermain dengan Anak 3-5 Tahun Sambil Berhitung


family_together

oleh Arif Rahmat, 2014
DMR.ID

(1) Kenalkan bilangan sebagai urutan dalam perhitungan.
Ortu: Ayah/Ibu nyebut satu, nanti dilanjutkan ya!
Ortu: Satu
Anak: Dua
Ortu: Tiga
Anak: Empat
….. (dst sampai 10 atau 20)
Ortu: Nah sekarang gantian…
Anak: Satu
Ortu: Dua
Anak: Tiga
Ortu: Empat
….. (dst sampai 10 atau 20)

(2) Kenalkan konsep lebih besar, lebih kecil dan sama dengan.
Ortu: Mana yang lebih banyak, 1 atau 2?
Anak: Dua
Ortu: Mana yang lebih sedikit, 2 atau 3?
Anak: Dua
[Latihan ini cukup menggunakan soal bilangan s/d 20]

(3) Gunakan konsep besar kecil sebelum menjumlahkan.
Ortu: 3 + 5 berapa? Mana yang lebih besar, 3 atau 5?
Anak: Yang lebih besar 5.
Ortu: Yang lebih besar di simpan di mana?
Anak: Di hati (sambil tangan kiri memegang dada)
Ortu: Yang kecil berapa?
Anak: Tiga (sambil tangan kanan menunjukkan 3 jari)
Ortu: Ayo, mulai berhitung dari hati…
Anak: Lima, … (sambil menepuk pelan dada dengan tangan kiri)
Anak: Enam, Tujuh, Delapan (sambil mengurangi jari tangan kanan yang terbuka,
satu per satu hingga tertutup semuanya)
[Latihan ini cukup menggunakan soal bilangan s/d 20 untuk disimpan di hati
dan s/d 10 untuk bilangan di jari, misal 14+5, 13+9, 17+1]

(4) Kenalkan angka 0 dengan menghitung mundur dari besar ke kecil.
Ortu: Ayah/Ibu nyebut 10, kita berhitung mundur sampai 0, nanti dilanjutkan ya!
Ortu: Sepuluh
Anak: Sembilan
Ortu: Delapan
Anak: Tujuh
….. (dst sampai 0)
Ortu: Nah sekarang gantian…
Anak: Sepuluh
Ortu: Sembilan
Anak: Delapan
Ortu: Tujuh
….. (dst sampai 0)

(5) Kenalkan pengurangan sebagai penghitungan mundur.
Ortu: 10-3 berapa? Yang di depan disimpan di hati. 10 disimpan di mana?
Anak: Di hati!
Ortu: Yang di belakang angka berapa?
Anak: Tiga (sambil tangan kanan menunjukkan 3 jari)
Ortu: Ayo, mulai berhitung mundur dimulai dari yang di hati…
Anak: Sepuluh, … (sambil menepuk pelan dada dengan tangan kiri)
Anak: Sembilan, Delapan, Tujuh (sambil mengurangi jari tangan kanan yang terbuka,
satu per satu hingga tertutup semuanya)
[Latihan ini cukup menggunakan soal bilangan s/d 20 untuk disimpan di hati
dan s/d 10 untuk bilangan di jari, misal 14-5, 13-9, 17-1. Hasil pengurangan jangan minus]

Tagged: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: