Repotnya Ikut Seleksi CPNS


Pemerintah meniadakan biaya tes seleksi CPNS, itu benar. Tapi untuk dapat mengikuti tes CPNS, peserta seleksi minimal akan mengeluarkan biaya ratusan ribu rupiah. Untuk apa saja ya?

Untuk SKCK dari Kepolisian, banyak biaya informal, mulai dari RT, RW,  Kelurahan, Kecamatan, Polsek, bahkan di Polres/Polrestabes/Polwiltabes. Rentang biayanya 20 hingga 150 ribu rupiah, makin besar biayanya, makin cepat pengurusannya. Untuk pengurusan hingga ke Polsek dapat diwakilkan oleh orang lain, misalnya sekretaris RT. SKCK yang diterbitkan di Polsek tidak dapat digunakan sebagai syarat tes CPNS. Yang diakui adalah SKCK yang diterbitkan di Polres/Polrestabes/Polwiltabes dan untuk pembuatannya tidak dapat diwakilkan karena butuh sidik jari semua jari.

Untuk surat keterangan sehat jasmani dan rohani, bervariasi mulai dari 6 ribu hingga 200 ribu rupiah. Untuk surat keterangan bebas narkoba, biayanya minimal 175 ribu rupiah di rumah sakit pemerintah. Untuk legalisir ijazah, cetak pasfoto, transportasi, butuh puluhan ribu rupiah. Untuk pembuatan kartu kuning, tentu ada biayanya juga .

Kasihan ya para peserta CPNS yang sudah mati-matian atau bahkan berhutang agar dapat mengurus semua kelengkapan dokumen, namun pada akhirnya tidak lulus hanya karena ada peserta lain yang modalnya lebih banyak, punya uang puluhan juta rupiah dan tahu bagian mana dari mesin birokrasi yang mesti dilicinkan dengan uang pelicin itu.

Tagged: ,

One thought on “Repotnya Ikut Seleksi CPNS

  1. bram 4 November 2010 pukul 19:16 Reply

    Abang…modal ane cuman 13 rebu doang, beli formulir, Alhamdulillah ane ketrima tes cpns tanpa nyogok,nyuap dsb….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: