Secepat Apakah USB 3.0?


Notebook Asus N82JV adalah salah satu notebook high end yang telah dilengkapi dengan USB 3.0, selain USB 2.0. Secepat apakah USB 3.0 itu?

Bila secara teoritis kecepatan maksimum USB 2.0 adalah 480 Mbps, maka  USB 3.0 memiliki kecepatan 10 kali lebih tinggi, yaitu 5 Gbps. Kecepatan tersebut tentu sangat mengagumkan dan paling banyak dapat dirasakan pada saat menyalin data dari maupun ke harddisk eksternal. Apa benar peningkatan kecepatannya bisa 10 kali lipat?

Untuk dapat merasakan kecepatan USB 3.0 dibutuhkan colokan yang sudah USB 3.0 ready. Pada desktop lama, dapat dipasang PCI card dengan USB 3.0 dan pada laptop lama dapat dipasang ExpressCard USB 3.0. Selain itu dibutuhkan pula kabel yang telah USB 3.0 ready serta device dengan spesifikasi USB 3.0 ready, contohnya harddisk External Iomega eGo pada gambar.

Hasil pengujian informal pada proses penyalinan data sebesar 10GB menggunakan USB 3.0 dari sebuah blog memberikan data yang cukup menyedihkan:

  1. Peningkatan kecepatan penyalinan data ke harddisk eksternal hanya 3,5 kali lipat dibandingkan USB 2.0, dari 22 menit pada USB 2.0 menjadi 6 menit pada USB 3.0.
  2. Peningkatan proses pembacaan tidak begitu signifikan, dari 5 menit pada USB 2.0 menjadi 4 menit pada USB 3.0.

Analisis terhadap penggunaan USB 3.0 sebagai penghubung komputer/laptop dengan eksternal harddisk adalah sebagai berikut:

  1. Bottleneck bukan lagi pada pipa USB 3.0 berkecepatan 5Gbps. Harddisk yang terpasang di dalam maupun di luar komputer memiliki teknologi SATA II dengan kecepatan yang lebih rendah, yaitu 3Gbps. Belum lagi, harddisk dengan kecepatan putaran 7200 rpm hanya dapat memberikan performa 1.7 Gbps.
  2. Pengingkatan kecepatan drastis diperkirakan hanya akan terasa apabila menggunakan Solid State Disk (SSD) menggantikan harddisk, di dalam komputer/laptop, maupun sebagai drive external

USB 3.0 tidak hanya diciptakan untuk harddisk eksternal. Manfaat USB 3.0 dapat terasa pada peningkatan kemampuan transfer data pada peralatan imaging seperti kamera beresolusi tinggi, scanner kecepatan tinggi, serta kamera video dan CCTV.

Arif Rahmat

Tagged: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: