Densus 88 Anti Teror Ikut Amankan UN 2010


Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pudji Astutik mengatakan, Operasi Cendekia sehubungan dengan pelaksanaan Ujian Nasional akan berlangsung tujuh hari sebelum hingga tujuh hari setelah pelaksanaan ujian.

Bukan hanya Samapta, Brimob, dan Lantas, pengamanan juga dilakukan oleh Reserse, Intel, dan Detasemen Khusus 88 (Densus 88 Anti Teror).

Menurut Pudji, Polisi tidak hanya mengamankan persiapan dan pelaksanaan ujian, namun juga akan menindak tegas kecurangan Ujian Nasional. “Jangan sampai ada joki, penggandaan soal ilegal, atau adanya kebocoran”, ujarnya.

Disadur dari Koran Tempo, Rabu, 17 Maret 2010 hal A7

Nah, sebenarnya kalau di UN itu kan jarang ada joki. Yang banyak terjadi, pengawas memberikan jawaban kepada siswa atau membiarkan mereka bekerjasama atau berbuat kecurangan lainnya. Apakah UN 2010 ini akan ada pelaku kecurangan yang ditembak di tempat, sebagaimana kebiasaan personil Densus 88 yang sering kita lihat di berita?

Lagi pula, UN 2010 dilaksanakan setelah keluarnya putusan MA November 2009 lalu. Jadi, pelanggaran hukum massal ini akan dilindungi oleh penegak hukum. Sungguh sebuah kontradiksi. Apa kata dunia?

[di bawah ini adalah kutipan dari media tentang Penolakan MA terhadap kasasi UN]
Mahkamah Agung Tolak Kasasi Pemerintah tentang Ujian Nasional

Pada tahun 2006, 58 orang guru dan elemen masyarakat menolak ujian nasional sebagai syarat kelulusan siswa lewat pengajuan gugatan citizen lawsuit ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Putusan majelis hakim itu kemudian dikuatkan Pengadilan Tinggi Jakarta Pusat. Tapi pemerintah yang tak puas mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung.

November 2009, Mahkamah Agung menolak kasasi pemerintah tentang pelaksanaan Ujian Nasional, sebagai syarat kelulusan siswa.

Sumber: Tempo Interaktif

Tagged: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: