Kuliahlah, Ada 20.000 Beasiswa Bidik Misi 2010


Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi – Departemen Pendidikan Nasional mulai tahun 2010 memberikan beasiswa dan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi dan berprestasi yang disebut Beasiswa BIDIK MISI. Dari 20000 beasiswa yang tersedia, ITB dapat 450, ITS dapat 450, UGM dapat 500, UI dapat 500, IPB dapat 500, Undip dapat 500, Unhas dapat 500, Unpad dapat 500, Unair dapat 500, USU dapat 500, Unand dapat 500, Unimed dapat 500, UNP dapat 500.

Siapa yang boleh mendapatkannnya? Lulusan jenjang pendidikan menengah yang terdiri atas lulusan SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat tahun 2010 yang berprestasi dan orang tua/wali-nya kurang mampu secara ekonomi.
Sampai kapan diberikannya? Beasiswa diberikan sejak calon mahasiswa dinyatakan diterima di perguruan tinggi selama 8 (delapan) semester untuk program Diploma IV dan S1, dan selama 6 (enam) semester untuk program Diploma III dengan ketentuan penerima beasiswa berstatus mahasiswa aktif.
Siapa penyalur dananya? Penyelenggara program beasiswa BIDIK MISI adalah perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi BHMN terpilih di bawah Departemen Pendidikan Nasional dan Departemen Agama.
Berapa besar beasiswanya? Dana beasiswa dan biaya pendidikan yang diberikan adalah sebesar Rp 5.000.000 (lima juta rupiah) per mahasiswa per semester yang diprioritaskan untuk biaya hidup. Catatan:

1. Besarnya dana biaya hidup setiap penerima beasiswa adalah sebesar Rp 500.000 (lima ratus ribu rupiah) sampai dengan Rp 700.000 (tujuh ratus ribu rupiah) per bulan tergantung pada indeks harga kemahalan daerah lokasi perguruan tinggi terpilih.

2. Besarnya bantuan biaya pendidikan yang dialokasikan kepada setiap penerima beasiswa adalah sebesar Rp 800.000 (delapan ratus ribu rupiah) sampai dengan Rp 2.000.000 (dua juta rupiah) per semester.

Bagaimana cara mendaftarnya?

1. Calon mahasiswa memilih program pendidikan Diploma III, Diploma IV dan Sarjana pada perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi BHMN terpilih;

2. Berhubung jadwal pendaftaran calon mahasiswa baru di perguruan tinggi penyelenggara tidak bersamaan, maka setiap calon mahasiswa diharuskan memperhatikan jadwal pendaftaran di setiap perguruan tinggi yang dipilih;

3. Setiap calon mahasiswa dapat memilih maksimal dua program studi, baik dalam satu perguruan tinggi atau di dua perguruan tinggi yang berbeda.

4. Kepala Sekolah/Pimpinan Unit Dikmas dari siswa yang memenuhi persyaratan melakukan pendaftaran secara kolektif, untuk siswa/peserta didik yang menjadi tanggung jawabnya, kepada Rektor/Ketua/Direktur atau pimpinan perguruan tinggi penyelenggara yang dituju dengan melampirkan berkas sebagai berikut:


Berkas-berkas yang dilengkapi oleh siswa

1) Formulir pendaftaran yang telah diisi oleh siswa yang bersangkutan dan dilengkapi dengan pasfoto ukuran 3×4 sebanyak 3 (tiga) lembar. Formulir pendaftaran dapat diunduh di alamat http://www.dikti.go.id dan/atau http://www.kelembagaan.dikti.go.id atau difotokopi dari panduan program beasiswa BIDIK MISI yang tersedia;

2) Fotokopi Kartu Tanda Siswa (KTS) atau yang sejenis sebagai bukti siswa aktif;

3) Fotokopi rapor semester 1 s/d 5 disertai surat keterangan tentang peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang keilmuan/akademik yang disahkan (legalisasi) oleh kepala sekolah/ pimpinan unit Dikmas;

4) Fotokopi Kartu Keluarga Miskin. Bagi keluarga yang tidak memiliki kartu Keluarga Miskin, harus menyertakan Surat Keterangan Penghasilan Orang tua/wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh kepala desa/kepala dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat;

5) Fotokopi Kartu Keluarga;

6) Jika diperlukan dapat menyertakan bukti pendukung lain seperti fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB dari orang tua/wali-nya.
Berkas yang dilengkapi oleh Sekolah/Unit Dikmas

1) Rekomendasi dari Kepala Sekolah/Pimpinan Unit Dikmas yang memberikan keterangan bahwa pendaftar adalah siswa berprestasi yang orang tua/wali-nya kurang mampu;

2) Daftar nama pelamar ke perguruan tinggi penyelenggara yang dituju.

Info lengkap, panduan dan formulir BIDIK MISI, klik di sini.

Tagged: , ,

56 thoughts on “Kuliahlah, Ada 20.000 Beasiswa Bidik Misi 2010

  1. A.J.I 15 Februari 2010 pukul 10:29 Reply

    semoga beasiswa tersebut tepat sasaran dan tepat guna oleh para penerimanya

  2. rian 23 Februari 2010 pukul 19:48 Reply

    smoga menjadi lebih baik lagi
    dengan adanya program beasiswa ini,…

  3. TATIK SOFIATI 24 Februari 2010 pukul 17:06 Reply

    Oya,,untuk formulir kan dah ada.
    tyus untuk data pelamar yang pake LJK dibutuhkan g?
    replay

  4. yana 1 Maret 2010 pukul 17:06 Reply

    kpn pengumuman bidik misi nya??

    • arifrahmat 2 Maret 2010 pukul 18:48 Reply

      ya nanti lah, kalau udah keterima di PTN

      • arifrahmat 2 Maret 2010 pukul 22:42

        http://www.itb.ac.id/usm-itb/Beasiswa/IndexFolder.htm

        Pada tahun 2010, ITB mengintegrasikan pelaksanaan Beasiswa BIDIK MISI dengan pelaksanaan Beasiswa Biaya Pendidikan, pada PMBP-ITB 2010 Terpusat. Khusus untuk pelaksaanaan Beasiswa BIDIK MISI, ITB hanya menerima pendaftaran calon peserta yang diajukan oleh Kepala Sekolah/Pimpinan Unit Dikmas, dan tidak menerima pengajuan pendaftaran peserta beasiswa secara perorangan.

  5. Nurkhasanah 10 Maret 2010 pukul 14:36 Reply

    Saya Mahasiswa UIN JKT, mw ikutan beasiswa ini boleh g? soalnya orang tua saya mata pencahariannya Buruh tani dan saya pengin mengubah nasib sehingga saya tetap minta kuliah dan saya berusaha mencari biaya sendiri. sekarang saya semester 6. Terimakasih,.,

  6. Muhammad Rifal 12 Maret 2010 pukul 15:47 Reply

    kapan diinformasikan nama2 yang lulus dari bidik misi unimed 2010,soalnya supaya kalau lulus persiapan masuknya bisa lebih matang dan nga jadi pikiran lagi..

  7. Asirudi mendrofa 18 Maret 2010 pukul 0:23 Reply

    Kepada yang terhormat:
    Directur UNIMED.
    saya seorang siswa SMA SWASTA HKBP SIBOLGA. ingin memberi suatu komentar yang sangat sederhana mengenai BEA SISWA BIDIK UNIMED, saya hanya harapkan pemerintah dan semua lembaga yangh bersangkutan agar tidak salah orang dalam memilah pelajar yang seharusnya benar-benar membutuhkan bantuan yang diselenggarakan. ini mau menjadi mlanjut tapi keadan orang tua yang sudah meninggal dunia,aku terpaksa Kerja sambil sekolah ini sudah mulai saya duduk di bangku SMA. saya hanya mohon dengan segala kerendahan di terima permintaan saya yang telah dilampirkan oleh Guru kepala sayA. mungkin segala persyaratan
    yang diminta tidak dapat seluruhnya dapat dilampirkan. karena saya tinggal dikeluarga orang lain yang berbeda. saya hanya dapat melanjut kalau ada yang mau membantu saya.
    Hormat saya,
    Asirudi mendrofa,SMA SWASTA HKBP SIBOLGA.

  8. Feberlina Lombu 26 Maret 2010 pukul 2:31 Reply

    Saya SMA N.3 Gunungsitoli Nias Kls.3 IPS dan Tahun ini saya selesai bila berhasil, di Nias saya tinggal di salah satu keluarga sambil bekerja membiayai uang sekolah sendiri dari kelas 1 sampai dengan sekarang karena orang tua penghasilannya pas pasan, beberapa hari yang lalu saya diberitahu oleh bapak Guru SMA 3 ada penerimaan Bea Siswa Bidik Misi UNIMED dan Persaratan untuk itu telah saya kirim sebagai utusan dari sekolah yang telah disetujui oleh Kepala Sekolah melalui POS di Gunungsitoli ke UNIMED, melalui media ini saya sangat berkeinginan untuk melanjutkan kuliah tetapi biaya tidak ada karena orang tua tidak mampu mengingat hal ini sangat membantu kepada Bapak Pimpinan UNIMED saya sangat menharapkan apabila dapat diterima sebagai Penerima PrograM BIDIK MISI dan bilamana ada hal yang kurang pada berkas tersebut saya bersedia melengkapinya.,dri. feberlina lombu kelas 3 IPS SMA N. 3 Gunungsitoli nias

  9. yodi 30 Maret 2010 pukul 21:26 Reply

    kpan ka’ pengumuman kelulusan bagi yang udah ngedaftar??
    ya.. kyak di UNimed gtu…

    • arifrahmat 31 Maret 2010 pukul 5:50 Reply

      Setelah SNMPTN seharusnya…

      • yodi 1 April 2010 pukul 23:33

        Oo…
        Thanks ya Ka’…

      • yodi 18 Mei 2010 pukul 14:24

        wah,..
        lama yah…
        tpi ga’ apalah…
        anda taudri mana?
        mang dulu gitu ya…???

  10. ida lena 1 April 2010 pukul 21:47 Reply

    saya seorang siswi SMK.N 8 di sekolah saya termasuk siswi yang mendapat pringkat. Saya termasuk dalam katagori siawi yang tdk mampu pdahal saya ingin sekali melanjutkan pendidikan. sejak SD saya telah kehilangan ayah. apa mungkin saya dapat dipertimbangkan dalam program bidik misi ini?????. saya sangat ingin kuliah…tapi kondisi keluarga yang tidak memungkinkan, saya tidak bisa berharap banyak. saya sangat berharap karena saya hanya dapat melanjutkan pendidikan apabila ada yang membantu saya. dengan segala kerendahan hati saya bermohon agar bapak mempertimbangkan permohonan saya.
    Hormat saya siswi SMK.N8 Medan

    terima kasih

  11. heryoto 6 April 2010 pukul 12:13 Reply

    mafff mw tnya nich………….klo batas terakhir nyerahin berkas-berkasnya kapn kk?

  12. fahruni 9 April 2010 pukul 11:08 Reply

    hemmm tes a kapan nie?

  13. dedek oktarina 12 April 2010 pukul 19:37 Reply

    ass….
    kak! kpn ya kiro- kiro pengumuman yang lulus bidik misi unsri di umumkan?

    t’rima ksh sblum nya.

    • arifrahmat 14 April 2010 pukul 9:05 Reply

      tunggu SNMPTN lah…

      • aldiva putra 30 April 2010 pukul 12:43

        berarti lama lagi pengumuman nya ya????
        kok pengumuman nya setelah snmptn ..???
        berarti yang udh dftar bidik misi hrus ikud snmptn lagi ya di unimed ?????

  14. merry 13 April 2010 pukul 16:27 Reply

    kak…
    syarat2 bidik misi untuk unimed di kirim ke alamat mana?
    masalahnya saya binguing formulir dsb ini mau di kirim kemana
    saya belum begitu mengerti prosedur bidik misi ini
    tolong jelaskan y kak. terima kasih

  15. ervina 21 April 2010 pukul 16:55 Reply

    mw nx neh………………..
    kpan yha pengumuman bidik misi-nya????????????????

  16. Anaria Br. Sembiring 21 April 2010 pukul 17:07 Reply

    kapan keluar pengumuman bidik misi di net?

  17. dedek oktarina 25 April 2010 pukul 20:19 Reply

    bearti sesudah snmptn kak yo!

    yo udh t’rima ksh kak sblm nya.

  18. hasti 26 April 2010 pukul 11:27 Reply

    ass…
    kak kpan pengumuman bdik misi unvrstas negeri malang???

  19. Adi 26 April 2010 pukul 15:01 Reply

    Saya sempat sedih klo denger beasiswa, mengingat perjuangan utk kuliahku selama ini lumayan memeras otak dan keringat.., tp akhirnya thn ini InsyaAllah Wisuda, ayo rebutkan beasiswa2 ky gini, bagi yg belum beruntung ayo buktikan bahwa masa muda kita bukan masa yang tongkrang-tongkrong, kuliahlah dengan sambil bekerja.., Tetap Semangat.., Majulah Indonesiaku..

  20. ilma 30 April 2010 pukul 23:47 Reply

    apa ada beasiswa untuk PTS atau akademi kebidanan?

  21. EZA budiono 6 Mei 2010 pukul 14:22 Reply

    begini kak………
    ada bidik misi yg diminta kesekolah-sekolah.. seperti PMP itu…..saya termasuk ke dalam program idik misi itu. nah ternyata pengumuman bidik isi itu setelah SNMPTN. jadi kira-kira apa kita harus ikut SNMPTN lagi???
    mohon di jawab……

    • arifrahmat 6 Mei 2010 pukul 18:18 Reply

      Beasiswanya kan diberikan oleh pemerintah langsung ke universitas, ya tanya saja ke universitasnya kapan jadwal pengumuman bidik misi itu. Logikanya sih mestinya setelah SNMPTN, karena kuotanya kan sudah tetap.

      Berapa persen penerima beasiswa dari jalur SNMPTN kan belum diketahui kalau SNMPTN-nya saja belum dilaksanakan. Semoga Anda mendapat beasiswa tersebut.

  22. nur chairunnisa 9 Mei 2010 pukul 21:12 Reply

    saya sudah mendafarkan diri juga melalui pihak sekolah yang saya tanyakan kapan pengumuman hasil bidik misi ini, apakah pihak sekolah SMAN 10 MEDAN sudah memberi berkas calon mahasiswa yang dikirimkan mohon balasannya

    • arifrahmat 9 Mei 2010 pukul 22:19 Reply

      Semoga Anda berhasil, kami tidak punya data yang relevan untuk menjawab pertanyaan tersebut, terima kasih.

  23. Dedy 10 Mei 2010 pukul 3:01 Reply

    kapan keluar pengumuman mahasiswa yang lulus melalui jalur bidik misi unimed tahun 2010

  24. RUT PUJIANTI 10 Mei 2010 pukul 12:28 Reply

    kak, kapan pengumuman nama peserta bidik misi yang telah lulus?

  25. eti 10 Mei 2010 pukul 13:44 Reply

    Kak, mau tanya,..
    kapan terakhir pendaftaran bidik misi UNIMED, trus..bisa nga daftar perorangan tanpa pengiriman dari Sekolah/DIKMAS ?
    Please jawab yach..kak..

  26. UMMUL INSANI 11 Mei 2010 pukul 7:23 Reply

    mohon di umumkan daftar maba yang lulus jalur bidik misi 2010

  27. kartika 11 Mei 2010 pukul 21:56 Reply

    kak ada gak hubungan antara snmptn/spmb dgn bidik misi?

  28. muhammad yusuf 11 Mei 2010 pukul 22:06 Reply

    saya ingin berntanya kak.
    kapan kira-kira pengumuman bidik misi keluarkan??
    karena saya sudah tanya pihak universitas melalui Emailtetapi belum ada jawaban.
    tolong di bantu ya kak karena sebagian yang mendaftar tidak mengerti kemana mereka hendak bertanya..
    tolong di balas ya kak.
    terima kasih sebelumnya..

  29. hidayatjundullah 18 Mei 2010 pukul 15:46 Reply

    kemarin milihnya univ nya gimana?
    kalau pas buat di form daftar bidik misi nya milih unimed, trus misal lulus di USU, beasiswa bidik misi bisa dapat juga ga?
    Mohon penjelasannya ya… Terima kasih

    • arifrahmat 19 Mei 2010 pukul 12:28 Reply

      sepertinya nggak deh, kan kuota ditentukan per universitas, tapi ditanyain aja ke panitia penerimaannya

  30. yanie boru angien 21 Mei 2010 pukul 12:16 Reply

    pngumuman bidik misi da keluar pa blm???????????
    klo udah bs dilihat dmn yah………….????????
    mohon jawaban nya ya panitia bidik misi

    • rian 27 Mei 2010 pukul 21:41 Reply

      lihat z di unimed.ac.id

      • yani boru angin 7 Juni 2010 pukul 11:17

        thanx tas info na………

  31. ardiko pardede 27 Mei 2010 pukul 17:23 Reply

    mudah mudahan saya mendapat program bidik misi ini untuk tahun 2011, karena saya masih kelas 2 MO, smk 1 balige. Mudah mudahan saya mendapat nya. Karena orang tua saya tidak mampu membiayai saya, jika saya kuliah tanpa ada yang membantu. ( ini fakta yang benar)

    • yani boru angin 7 Juni 2010 pukul 11:18 Reply

      mantap yah, msh klz 2 MO dah mkirin besiswa…………
      mmmaaannnnnnttrrraaaaaaaaappppppp……..

  32. yani boru angin 7 Juni 2010 pukul 11:16 Reply

    alhamdulillah ya Allah……………
    hamba luluz di bidik misi ne……
    hamba msuk di UNIMED…………
    mdh2n kwn2 yg lain jg luluz yah,,,,
    aaammmmmmmmmiiiiiiiinnnnnnnnnnn……….

  33. sonda 15 Juni 2010 pukul 15:28 Reply

    asslamu’alaikum…..

    aq siswa SMK N 1 Padang..
    stlh aq bca comment tmn2 laen,jd result Bisik Misi keluar s sdah SNMPTN.

    jd gaq prlu tny lgi.

    tp ada y6 msh m0 aq tnya in..
    knp web blog aq gaq bsa lngsung d bka y kak??? kslahan ny d mn??

    hrp bntu an nya..
    e-mail saya: sonda_doank@yahoo.com

    thank u so much…

    please,,,for your reply..

  34. NURUL AFIFAH 26 Juli 2010 pukul 15:59 Reply

    bagai mana cara daftar menjadi siswi peguruan tinggi dan mendapat beasiswa
    dan alamat xa apa

  35. Rizki Rangkuti Phd 16 Agustus 2010 pukul 18:14 Reply

    Alhamdulillah, mudah-mudahan yang duduk dan berdiri dapat menikmati pendidikan dalam hidupnya.

  36. azwar sholihin 16 Oktober 2010 pukul 22:10 Reply

    saya mahasiswa pmp usu,Saya sdh melengkapi smua berkas2 saya untuk bidik misi tsb.yang mw saya tanyakan kpan sie pstinya beasiswa it kluar?????

  37. ERIKO 10 Februari 2011 pukul 20:31 Reply

    BISA MASUK BIDIK MISI PA…..

  38. Joen 6 Mei 2011 pukul 16:52 Reply

    Masih adakah testing
    Kalau nanti sudah masuk bidik misi

  39. Desi zebua 8 November 2011 pukul 6:21 Reply

    kak apa ketentuan dengan penerima bidikmisi tersebut???

  40. Rudison Ingat Selamat Zega 28 Desember 2011 pukul 20:42 Reply

    Malam. .
    Sy RUDISON INGAT SELAMAT ZEGA siswa SMA SWASTA PERMATA KASIH kec.sitolu ori kab.Nias Utara
    jk sy lulus thun ne, sy sgt brkeinginan utk lnjut d PTN tp SMA sy jarang dpt surat dr bidikmisi,np ya?
    Doakan sy untuk bs dpt bidik misi ya. .alx kmampuan orang tua terbtas, baik tnaga maupun financial.mksh

  41. Sumarlin ( Marlin ) 26 Januari 2012 pukul 19:10 Reply

    Alhamdulillah berkat bidi misi sy bisa kuliah tanpa merepotkan orang tua lagi,,,,,,terima kasih bidik misi dan terima kasih kepada dikti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: