Tips dan Strategi Belanja Online yang Aman dan Murah


online-shopping-amanBelanja online memang biasanya lebih menguntungkan. Tidak perlu menghabiskan waktu ke tempat penjual, lebih banyak pilihan, dan harganya lebih murah. Apa saja yang wajib diperhatikan sebelum berbelanja online?

1. Hanya Beli dari Penjual yang Dapat Dipercaya
Salah satu tanda penjual yang dapat dipercaya adalah yang berani memasang nama toko, alamat lengkap, atau setidaknya bersedia untuk transaksi dengan COD. Punya alamat lengkap belum tentu bisa dipercaya, coba juga periksa nomor telepon lokalnya (bukan nomor CDMA atau GSM), apa benar sesuai. Bila ragu dengan kebenaran alamat, coba hubungi rekan Anda di kota yang sama dengan penjual untuk melakukan transaksi COD. Testimoni dari pembeli lain juga dapat menjadi penguat kepercayaan dalam forum jual beli.

2. Cari Pembanding di Internet
Periksa apakah barang yang Anda incar sama spesifikasinya dengan barang yang dijual di tempat lain, tentu saja melalui Internet. Selain itu, bandingkan juga harga yang ditawarkan. Pastikan bahwa harga yang Anda bandingkan adalah harga terkini atau hasil update terbaru.

3. Pastikan Barang yang Dipesan Ada Stoknya
Jangan transfer dulu sebelum yakin bahwa barang yang Anda pesan ada stoknya. Tinggalkan nomor telepon agar penjual dapat mengontak Anda untuk konfirmasi balik.

4. Jangan Takut Atau Segan Untuk Nego Harga
Walaupun barang yang dipajang di toko online punya price tag seperti di supermarket, jangan ragu untuk meminta diskon. Harga yang dipajang biasanya sedikit lebih tinggi daripada harga sebenarnya, agar ketika calon konsumen menelepon, harga masih bisa didiskon.

5. Kembalikan Kata-Kata Penjual tentang Harga Termurah
Bila penjual menantang Anda di toko online-nya bahwa harga yang dipasangnya adalah yang termurah, dan ia minta diberitahu bila Anda menemukan harga yang lebih murah, terimalah tantangan itu. Beritahu bahwa ada yang lebih murah, tentu setelah menemukan tempat lain yang menjual barang yang sama, dengan harga yang lebih murah dan stoknya juga ada. Dengan mengadu 2 atau lebih penjual, Anda akan mendapatkan harga terbaik dari salah satunya.

6. Bila Tersedia, Pilih Metode Pembayaran COD (Cash On Delivery)
Hindari resiko belanja online. Dengan pembayaran COD, Anda dapat menukar barang bila ternyata ditemukan cacat atau kegagalan fungsi pada salah satu bagiannya. Luangkan sedikit waktu Anda untuk mengecek barang sesaat ketika diterima.

7. Segera Konfirmasi Setelah Transfer
Setelah Anda melakukan transfer, Anda dapat melakukan konfirmasi atau mengirimkan bukti transfer kepada penjual agar barang yang Anda pesan segera dikirim.

8. Minta Nomor Resi Pengiriman Bila Barang Tak Kunjung Datang
Bila Anda menunggu barang terlalu lama, periksa nomor resi pengiriman di situs web ekspedisi yang digunakan, atau cek melalui telepon pada cabang ekspedisi di kota Anda. Bisa jadi barang sudah diantar ketika alamat tujuan terkunci, dan barang dikembalikan lagi ke kantor ekspedisi.

Masih ingin menambahkan? Mari berbagi pengalaman. Semoga bermanfaat bagi sesama pengguna Internet.

Baca Juga:
Resiko Belanja Online vs Belanja Tradisional
Belanja Online Ternyata Ramah Lingkungan

Tagged: , , ,

4 thoughts on “Tips dan Strategi Belanja Online yang Aman dan Murah

  1. […] Juga: – Tips dan Strategi Belanja Online yang Aman dan Murah – Belanja Online Ternyata Ramah […]

  2. […] Jangan lupa dengan resiko berbelanja online, penulis tidak bertanggung jawab atas transaksi yang terjadi dan kebenaran penjual bila Anda tidak memilih COD. Coba terapkan tips dan strategi belanja online yang aman dan murah. […]

  3. Arif 20 Juni 2011 pukul 16:13 Reply

    nagoyaelectronic.wordpress.com
    082187754444
    Alamat: kep riau . batam. mall Nagoya hill Batam lantai 1 no 37b

    Pak RT saya baru kena tipu 3,7 juta.

  4. Juragan Kelontong 9 Maret 2013 pukul 14:36 Reply

    trims infonya, sangat bagus buat calon pembeli online.. numpang copas di web kami yaa, ga bakal lupa sumbernya pasti tercantum🙂

    salam hangat,
    JuraganKelontong.co.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: