Strategi JK Lebih Canggih dari SBY


firmanzah_uiINILAH.COM, Jakarta – Strategi pemenangan tim JK-Wiranto dinilai lebih baik ketimbang pasangan SBY-Boediono. Karena JK telah berhasil menampilkan diferensiasi kepemimpinan di Pilpres 2009 ini.

“Tim JK itu lebih canggih, manajemen isunya baik seperti saat mengantisipasi serangan isu bisnis keluarga. JK berhasil menimbulkan efek antipati dari para pengusaha kepada SBY. Ada satu diferensiasi yang ditampilkan JK yaitu lateral,” ujar pengamat marketing politik UI Firmanzah di Universitas Paramadina, Jakarta, Kamis (18/6).

Dekan termuda ini menjelaskan, selama ini biasanya di Indonesia menampilkan pemimpin dengan sosok yang berwibawa, memiliki badan yang harus besar. Tapi JK berhasil mengubahnya dengan menampilkan sosok yang rileks dan lateral. Sementara SBY masih selalu menggunakan cara-cara lama.

“Sesuatu yang dulu milik SBY kini digunakan oleh kandidat yang lain. Tidak ada diferensiasi lagi terhadap sosok SBY. Seperti, mau ngomong lanjutkan, tapi JK juga juga mengklaim keberhasilan pemerintah, mau tampil baik di media, Megawati sudah berhasil melakukannya,” katanya.

Menurut Firman, sebenarnya SBY bisa melakukan diferensiasi yang bisa menutup peluang kandidat yang lain. “Kalau saya jadi SBY, waktu kapal perang Malaysia masuk Ambalat, saya akan perintahkan tembak. Setelah itu cukup konferensi pers, tak perlu menyewa Fox, dan bilang saya sebagai presiden, dalam keadaan genting saya bergerak cepat dan berhasil mengusir Malaysia. Kalau seperti itu, jargon JK ‘lebih cepat lebih baik’ akan tidak ampuh lagi,” paparnya. [mut/sss]

Pewarta: Raden Trimutia Hatta

Sumber: Inilah.com

Tagged: , , ,

2 thoughts on “Strategi JK Lebih Canggih dari SBY

  1. Bernardia Vitri 20 Juni 2009 pukul 16:34 Reply

    Iya ya, strategi yang terakhir itu, andai saja dilakukan pasti saya akan langsung pilih SBY,,, tapi JK lebih cepat!!

  2. cumi 6 Juli 2009 pukul 14:06 Reply

    strategi dan program sama ajah intinya. banyak orang yang melihat dari program-program para capres. walau blun tentu terrealisasikan dengan baik.
    dari debat2 kemarin banyak yang melirik JK karna program2nya yang jenius dan berharap indonesia menjadi lebih baik. akan tetapi BELUM TENTU sesuatu yang lebih baik itu baik.

    seumpamanya….
    menurut saya program diet yang LEBIH CEPAT LEBIH BAIK akan tetapi menyebabkan efek samping yang kurang baik bagi kesehatan saya.

    dan yang perlu dicamkan adalah kompaknya capres dan cawapres.
    jangan kompak kepaksa dari keadaan yang ujung2nya mengambil keuntungan dari pasangannya sendiri.

    Islam (taat kepada agamanya), Pintar dan cerdas, Berwibawa, tegas, bertanggung jawab, memiliki fisik yang proposional (hampir semua orang no 1 disemua negara, bertubuh tegap dan proposional) dan TIDAK MEMPERKAYA diri yang wajib dipilih jadi presiden

    n_nV

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: