Opera Unite, Sistem Kolaborasi Independen


opera_uniteSelama ini pengguna internet amat tinggi ketergantungannya terhadap server-server berskala besar seperti Yahoo, Facebook, Google, Blogspot dan WordPress. Sadar maupun tidak, begitu banyak data dan informasi pribadi maupun rahasia yang kita berikan kepada para pemilik server tersebut hanya dalam rangka menggunakan layanan gratis dari mereka. Pengguna internet kini menjadi amat tinggi ketergantungannya terhadap keberadaan server-server berskala besar.

Untuk menjawab ketergantungan tersebut, tanggal 16 Juni 2009, dengan slogan reinventing the web, Opera Software ASA meluncurkan versi alpha dari Opera Unite, sebuah sistem infrastruktur maya yang independen. Opera Unite memungkinkan pengguna internet untuk berkolaborasi dan menyelenggarakan layanan layaknya web server tanpa ada informasi yang bocor ke pihak yang tidak berhak (misalnya pengelola server) karena yang menjadi server adalah komputer itu sendiri.


opera_unite2Opera Unite untuk sementara diperkenalkan menjadi sebuah plug-in bagi web browser Opera 10 Beta. Beberapa layanan default dari Opera Unite antara lain:

  • File Sharing, berbagi file lebih cepat dan ringkas karena tidak perlu file hosting
  • Fridge, tempat meninggalkan pesan dengan tampilan seperti pintu kulkas
  • Media Player, termasuk server untuk berbagi file lagu dan video
  • Photo Sharing, berbagi foto dengan tampilan pratayang
  • The Lounge, tempat chatting maupun conference yang independen
  • Web server, sementara hanya dapat menampilkan halaman HTML statis

Dalam waktu dekat, dengan keterlibatan dari sekian banyak pengembang dan orang-orang kreatif di luar sana, fasilitas yang tersedia di Opera Unite akan semakin banyak dan makin bertambah.

opera_unite_fridgeKelebihan Opera Unite terdapat pada ide brilian penggagasnya, namun kondisi Indonesia saat ini masih terbentur dengan infrastruktur fisik, utamanya dari sisi ketersediaan bandwidth uplink. Untuk koneksi downlink 1Mbps, kecepatan uplink biasanya masih 128kbps. Bayangkan bila server yang menjalankan Opera Unite hanya mampu mengirim data dengan kecepatan maksimal 128kbps, padahal ada 5-10 client dengan downlink 1Mbps yang ingin mengakses server tersebut.

Kecepatan dan kualitas adalah 2 hal hampir selalu bertentangan. Kembali lagi kita yang menentukan, ingin menggunakan fasilitas dari server besar yang kencang tapi di rumah orang (yang dapat diakses pemilik server), atau fasilitas di rumah sendiri yang kecepatannya masih kurang tapi keamanannya lebih terjamin.

Satu lagi, bila Anda menggunakan layanan internet yang menggunakan sistem quota, amat tidak disarankan untuk menggunakan Opera Unite. Jatah Anda akan habis tanpa terasa, karena dinikmati oleh pengguna Internet yang menggunakan layanan dari Opera Unite Anda.

Tagged: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: