Windows 7


p7Sudah coba Windows 7 (baca: Windows Seven)? Kalau mau download sendiri (versi Beta build 7000, x86) dari Microsoft, lumayan lho soalnya ukuran installernya 2,43 GB. Alhamdulillah kemarin ada kakak yang sudah download, jadi tinggal copy dan burn ke DVD. Kalau berminat mendapatkan salinannya, silakan SMS nama dan alamat lengkap ke rekan saya: Tiar, 081809534376. Biaya penggandaan 49 ribu (termasuk CD bonus dan ongkos kirim ke seluruh Indonesia yang dijangkau TIKI).

Waktu yang diperlukan untuk instalasi mirip dengan Windows Vista, di setiap tempat dapat berbeda bergantung pada kecepatan prosessor, memori dan harddisk. Ruang harddisk yang terpakai oleh folder Windows adalah 8GB, mengalahkan Windows Server 2008 yang hanya butuh 7,6GB. Saat booting awal, konsumsi memori sedikit lebih hemat daripada Windows Vista.

Setelah coba-coba, ini beberapa screenshotnya:

Taskbar

p8

Taskbar menjadi semakin sederhana dengan ketiadaan Quick Launch dan hanya menampilkan Icon program yang aktif. Letak icon-icon tersebut juga dapat dipindah/digeser.

p4

Dengan mengarahkan mouse pada taskbar akan muncul “live preview” dari setiap window aplikasi yang sedang berjalan. Dengan menyorot salah satu live preview, window aslinya akan muncul ke permukaan, dan aplikasi lain menjadi tersembunyi alias hanya tertinggal frame/bingkainya saja, dengan isi transparan 100%.

p5

Satu atau lebih aplikasi yang sedang berjalan (dengan nama yang sama) cukup dilambangkan sebagai satu icon.

User Account Control (UAC)

p1

Di Windows Vista, kita sering menemui notifikasi/konfirmasi yang berulang-ulang dan sangat menjengkelkan saat kita ingin memulai beberapa program tertentu (yang belum masuk dalam daftar program terpercaya versi Microsoft).

Istilahnya UAC, singkatan dari User Account Control. Di Windows 7, tingkat UAC itu dapat diatur, dan kemungkinan besar pengguna akan menurunkannya hingga ke level “Never notify”.

New Look Desktop

Hal menarik lain dari Windows 7 adalah adanya menu “Next Desktop Background Picture” saat kita klik kanan. Jadi, desktop background yang kita tetapkan dapat berupa sekumpulan gambar yang kemunculannya bergantian. Untuk menggantinya, cukup klik kanan di desktop lalu pilih “Next…”.

Ketika pengguna melakukan klik kanan, Windows 7 juga memberikan menu baru, yaitu “Screen Resolution” dan  “Gadgets”. Dengan menu screen resolution, pengguna dapat mengatur dan menyesuaikan resolusi serta menentukan display yang aktif dengan lebih cepat. Biasanya hal tersebut sangat penting saat melakukan presentasi dengan TV LCD atau proyektor LCD. Adapun menu Gadgets, fungsi sesuai namanya adalah untuk mengelola Gadgets yang secara default tidak tampak (tidak seperti Windows Vista yang secara default menampilkan Gadgets).

p2

Dengan tidak tampilnya Gadgets, konsumsi memori dan prosessor lebih hemat sehingga bagi user, Windows 7 akan terasa lebih cepat daripada kakaknya, Windows Vista.

Tray Icon

p3Tampilan tray icon juga banyak berubah, demikian pula perilaku dan model interaksinya. Namun kini penghuni tray icon bertambah 1, namanya Action Center, berfungsi menampilkan pesan-pesan Security, Maintenance, Troubleshooting dan Recovery.

Dapat disimpulkan, semua perubahan tersebut dapat menghilangkan kejengkelan pengguna akibat habisnya bagian bawah layar oleh panjangnya tray icon di Windows Vista maupun XP.

Control Panel

Di Windows XP dan Vista, dikenal istilah Classic View. Istilah tersebut kini dihilangkan menjadi “All Control Panel Items”. Ketika di-klik, tampilannya sebagai berikut. Tampak beberapa item dengan istilah baru yang belum ada pada windows-windows sebelumnya, misalnya ClearType Text Tuner untuk kehalusan font di layar, serta Default Location untuk pengaturan awal GPS.

p9

Bagaimana? Tertarik mencoba Windows 7 (for testing purposes only)? Mumpung dari Microsoft-nya gratis lho. Lumayan, bisa belajar lebih dahulu sebagai pengguna sebelum versi komersilnya dirilis. Setuju?

(Tulisan ini dibuat oleh Arif Rahmat sebagai bentuk terima kasih kepada Microsoft yang selama 2 tahun terakhir memberikan MSDN Subscription-nya secara gratis, semoga tahun depan dapat lagi:) )

Tagged: , , , , , ,

One thought on “Windows 7

  1. maskuri 23 September 2009 pukul 12:26 Reply

    aku tertarik dengan info ini, aku ingin memiliki kopi cdnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: