DMR, Alat Periksa Ujian Untuk Segala Jenis Form


Setelah penulis menjadi salah satu mahasiswa dan periset di ITB, bersama Prof Iping Supriana, kami menghasilkan sebuah produk berbasis riset yang fenomenal, Digital Mark Reader (DMR), sebuah sistem pemeriksaan ujian yang pertama kali diluncurkan ke pasar pada tahun 2004. Wujud fisiknya terdiri dari alat scanner dokumen (yang dilengkapi tray) ditambah perangkat lunak pendukung.

Empat tahun telah berlalu sejak peluncurannya, kini DMR semakin dewasa. DMR berkembang menjadi sebuah sistem tangguh yang dipercaya oleh lebih dari 500 lembaga. Bukan hanya sekolah, namun juga termasuk 50-an perguruan tinggi termasuk ITB sendiri, 250-an dinas pendidikan kota/kabupaten, 30-an lembaga di bawah Depdiknas, beberapa departemen selain Depdiknas serta beberapa pemerintah propinsi, BUMN, bimbel ternama, bank dan rumah sakit terkemuka maupun industri pertambangan serta otomotif.

Kepercayaan yang diberikan oleh para pengguna DMR merupakan amanah dan tanggung jawab besar yang mendorong kami agar tetap dapat memberikan yang terbaik. Salah satu wujud dari usaha untuk memberikan yang terbaik tersebut adalah dengan memberikan update gratis bagi para pengguna DMR sehingga pengguna DMR lama juga dapat memperoleh manfaat dari fasilitas tambahan yang ada pada DMR versi terbaru.

Fasilitas tambahan yang kini sangat bermanfaat bagi para pengguna DMR adalah kemampuan DMR Extractor (DMR-x) mengenali beragam jenis form, termasuk yang perancangan pra-cetaknya tidak menggunakan DMR Editor (DMR-e). Sebenarnya, kemampuan tersebut telah dimiliki Virtual Mark Reader (VMR), saudara kandung DMR yang juga merupakan hasil karya kami tahun 2004-2006. Namun di saat itu, VMR masih berupa modul tambahan bagi sistem DMR.

Apabila Anda pernah mendengar ada sistem lain yang menawarkan hal serupa, perlu dipertanyakan tingkat akurasi, keterujian serta skalabilitas penggunaannya. Berikut ini beberapa prestasi DMR sebagai sebuah sistem handal dan terpercaya:

  1. Pada UASBN 2008 – ujian nasional untuk SD – DMR telah teruji dengan baik mengenali isian tanda silang pada lebih dari 10 juta LJK menggunakan ratusan scanner yang tersebar di setiap kota/kabupaten di Indonesia.
  2. PT Kereta Api, PT PLN, TransCorp (TransTV dan Trans|7) dan Polda Sulsel adalah beberapa perusahaan terkemuka dan lembaga pemerintah yang rekrutmen massalnya senantiasa menggunakan sistem DMR.
  3. Departemen Agama RI, Sekretariat Negara RI, Departemen Pertahanan, Depnakertrans, Propinsi Maluku, Propinsi Sulawesi Utara, Propinsi Sulawesi Selatan, adalah beberapa lembaga pemerintah yang menggunakan DMR untuk seleksi CPNS sejak tahun 2004.
  4. Ganesha Operation (GO), Primagama, Bintang Pelajar, serta beberapa bimbingan belajar terkemuka di kota-kota besar di Indonesia menjatuhkan pilihan kepada DMR sebagai sistem pemeriksa ujian. Demikian pula dengan ujian para bankir di Badan Sertifikasi Manajemen Resiko (BSMR). Tidak ketinggalan, DMR juga digunakan pada seleksi penerimaan mahasiswa baru beberapa perguruan tinggi.
  5. Chevron Minas, Inco, Toyota Astra, Pusri, ITB, IPB serta beberapa rumah sakit di Indonesia menggunakan sistem DMR sebagai alat entri data dan kuesioner.
  6. Pengguna DMR bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di Malaysia, Korea Selatan hingga ke Arab Saudi.
  7. DMR meraih predikat Winner of Indonesia APICTA Award 2004 untuk kategori Education & Training.

Update:

Di tahun 2009, DMR mampu melakukan pembacaan hingga 12.000 gambar LJK per menit.

DMR masih yang terbaik, dan tak henti-hentinya terus berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi para penggunanya. Andakah salah satunya?

Baca juga:

– DMR, Software Resmi Depdiknas untuk UASBN

– Gila Wireless

Tagged: , , , ,

4 thoughts on “DMR, Alat Periksa Ujian Untuk Segala Jenis Form

  1. […] – DMR, Alat Periksa Ujian Untuk Segala Jenis Form […]

  2. creativesimo 5 Agustus 2008 pukul 23:01 Reply

    Berapa harganya ya?

  3. arifrahmat 6 Agustus 2008 pukul 11:48 Reply

    Harga setelah dipaketkan dengan scanner cukup variatif, ada Paket Profesional dan Paket Sekolah.

    Silakan ke website DMR

  4. […] – DMR, Alat Periksa Ujian Untuk Segala Jenis Form […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: