Internet Unlimited Murah Tanpa Quota dari Indosat, 3 (Three), dan Telkom


Saat tulisan ini dibuat, tarif internet unlimited termurah dari Indosat adalah menggunakan CDMA StarOne dengan tarif flat Rp 45.000 per bulan. Penggunaan untuk browsing dari ponsel dengan Opera Mini cukup memuaskan, tetapi bila digunakan untuk download dari PC, kecepatannya kurang baik.

Adapun internet unlimited 3G dengan jaringan GSM dari operator 3 (three) memasang tarif Rp 85.000 per bulan belum termasuk PPN. Nilai plusnya adalah tidak adanya quota kecepatan maupun quota volume (sebagaimana paket unlimited Telkomsel Flash dan Indosat IM2  yang sering memberikan penurunan kecepatan saat mencapai volume tertentu). Nilai minusnya, BTS 3G HSDPA dari Three masih sangat sedikit. Artinya, coverage 3G-nya masih sempit, patut Anda coba dulu (tanya ke rekan yang menggunakan operator 3), sebelum memutuskan untuk membeli. Rugi kalau hanya dapat jaringan GPRS/EDGE.

Untuk Internet kabel unlimited di rumah,  sejauh ini cukup memuaskan dengan Telkom Speedy dengan limit 1Mbps dengan biaya bulanan Rp 195.000 (tarif Bandung, dapat berbeda di tempat Anda) belum termasuk PPN.

Manusia memang sulit untuk puas. Dulu katanya perlu internet unlimited agar kerjaan cepat beres. Tapi saat ini, internet unlimited kadang malah jadi penghambat, karena internet unlimited, banyak tugas yang terbengkalai.

Ingat, Internet itu cuma cara, bukan tujuan!

Internet unlimited dengan kecepatan tinggi sangat baik digunakan untuk menelepon dengan VoIP, misalnya dengan Fring, Skype, dsb. Nah, operator telekomunikasi tentu akan kehilangan banyak pemasukan dari voice call, bila semua beralih ke internet call.

Dengan internet call pada internet unlimited kecepatan tinggi, penggunaan pulsa=0 karena telah dibayar untuk penggunaan internetnya. Konten percakapannya pun tidak direkam oleh operator sehingga sulit disadap oleh penegak hukum. Nampaknya VoIP call akan menjadi tren di tengah maraknya kasus yang diungkap dengan cara penyadapan. Bagaimana dengan Anda?

About these ads

About this entry