Gempa Indonesia vs Jepang 30 Tahun Terakhir


gempaindonesia30tahun

Wilayah Gempa di Indonesia

gempajepang30tahun

Wilayah Gempa di Jepang

Daerah berwarna merah pada gambar di atas adalah wilayah yang terkena gempa dalam 30 tahun terakhir. Semakin dahsyat gempanya, semakin besar pula warna merahnya. Di Indonesia, hanya Pulau Kalimantan yang relatif aman dari ancaman gempa. Adapun di Jepang, daerah selatan cenderung lebih aman daripada daerah utara.

gempaindonesia30tahun2

Catatan Gempa di Indonesia

gempajepang30tahun2

Catatan Gempa di Jepang

Dari grafik dapat kita amati bahwa gempa dengan magnitude di atas 7 Skala Richter di Indonesia baru terjadi setelah tahun 2004. Walaupun Indonesia terletak pada daerah rawan gempa, kejadian gempa-gempa besar memang baru terasa beberapa tahun ini.

Jepang sebagai negara yang sering diberitakan terkena gempa dan terkenal dengan bangunannya yang tahan gempa, ternyata dalam 30 tahun terakhir belum pernah mendapatkan gempa di atas 7.0 Skala Richter. Selain itu, intensitas kejadian gempa di Indonesia juga jauh lebih tinggi, alias gempa di Indonesia lebih sering daripada di Jepang.

Catatan detil gempa di Indonesia diurutkan berdasarkan magnitude-nya dapat dilihat di bawah ini.

gempaindonesia30tahun3

Adapun catatan gempa di Jepang sebagai berikut.

gempajepang30tahun3

Kesimpulan penulis:

Gempa 8,9 SR di Indonesia dapat dipandang sebagai titik puncak gempa di  Indonesia, tapi bisa saja merupakan anak tangga menuju gempa yang lebih besar lagi. Yang patut kita perhatikan juga, dalam 10 bulan di tahun 2009 saja, telah terjadi 5 gempa dengan kekuatan 7 Skala Richter ke atas di Indonesia, sementara di Jepang belum 1 kalipun. Persiapkan diri kita, karena tempaknya cobaan masih akan terus datang, di tanah air kita, Indonesia.

Sumber data dan alat bantu analisis: http://www.wolframalpha.com

About these ads

About this entry